Berikut 3 Tahapan Pertumbuhan Anak yang Perlu Diketahui


Definisi tahapan pertumbuhan di masa kanak-kanak berasal dari banyak sumber. Selain itu, tahapan masa kecil didefinisikan secara kultural oleh institusi sosial, adat istiadat, dan hukum yang membentuk masyarakat. Ada tiga tahap perkembangan yang luas, yaitu anak usia dini, anak tengah, dan remaja. Untuk informasi yang lebih lanjut, maka Anda dapat mengunjungi https://www.guesehat.com/penderita-kebutaan-akibat-kelahiran-prematur-yang-inspiratif

Definisi dari tahap-tahap ini diorganisasikan di sekitar tugas-tugas utama pengembangan di setiap tahap, meskipun batas-batas tahapan ini mudah dibentuk. Ide-ide masyarakat tentang pergeseran masa kecil dari waktu ke waktu, dan penelitian telah mengarah pada pemahaman baru tentang perkembangan yang terjadi di setiap tahap.

Berikut ini tahapan pertumbuhan anak, yaitu:

1. Anak usia dini (lahir hingga 8 tahun)

Masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan yang luar biasa di semua bidang pembangunan. Bayi baru lahir yang bergantung tumbuh menjadi orang muda yang dapat merawat tubuhnya sendiri dan berinteraksi secara efektif dengan orang lain.

2. Anak usia menengah (8-12 tahun)

Secara historis, masa kanak-kanak belum dianggap sebagai tahap penting dalam perkembangan manusia. Tidak ada kontribusi signifikan terhadap pengembangan kepribadian yang dibuat selama periode ini. Namun pentingnya masa kecil menengah untuk pengembangan keterampilan kognitif, kepribadian, motivasi, dan hubungan antar-pribadi.

3. Masa remaja (12 – 18 tahun)

Masa remaja dapat didefinisikan dalam berbagai cara, seperti fisiologis, kultural, kognitif; masing-masing cara menunjukkan definisi yang sedikit berbeda. Untuk tujuan diskusi ini, masa remaja didefinisikan sebagai periode yang dibangun secara kultural yang umumnya dimulai ketika individu mencapai kematangan seksual dan berakhir ketika individu telah membentuk identitas sebagai orang dewasa dalam konteks sosialnya.

Dalam banyak budaya, masa remaja mungkin tidak ada, atau mungkin sangat pendek, karena pencapaian kematangan seksual bertepatan dengan masuk ke dunia orang dewasa. Dalam budaya Amerika Serikat saat ini, bagaimanapun, masa remaja bisa bertahan hingga awal usia dua puluhan. Tugas utama perkembangan remaja adalah pembentukan identitas. Jika dilihat dari siklus pertumbuhan anak, maka untuk kematangan seksual adalah salah satu perkembangan paling signifikan selama ini. Seperti perkembangan fisik, ada variabilitas yang signifikan di usia di mana individu mencapai kedewasaan seksual. Wanita cenderung matang pada usia 13 tahun, dan pria sekitar 15 tahun.

3 komentar

  1. Ternayata masa paling singkat pada taham pertumbuhan anak itu pada masa remaja ya, baru tau saya.

    BalasHapus
  2. Wah harus benar-benar memanfaatkan moment ya mbak :)

    BalasHapus
  3. Iya nih kita harus tahu tahap2nya biar gak kaget waktu anak nanya ini itu saat rasa penasaran muncul

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.