Featured Post

Strategi Sukses Jual Samsung Gear S2 di Era Digital

Memahami Cara Kerja Pembangkit Listrik Energi Matahari


Seiring perkembangan zaman orang-orang selalu menciptakan hal-hal yang tidak terduga sebelumnya. Salah satunya dalam hal pembuatan energi listrik yang pastinya sangat dibutuhkan oleh semua kalangan termasuk dunia industri. Kini ada pembangkit listrik tenaga surya yang merupakan pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Bisa dibilang alat ini mampu menghasilkan energi listrik dari energi matahari yang melimpah. Dari segi kemanfaatan, alat ini termasuk yang ramah lingkungan dan sangat menjanjikan. Adapun cara kerja dari alat ini bisa anda pelajari dibawah ini:

1. Pembangkit listrik surya termal

Pembangkit listrik yang satu ini menggunakan sinar matahari untuk memanaskan suatu alat yang disebut dengan fluida. Alat ini yang nantinya akan memanaskan air hingga menghasilkan uap. Uap inilah yang nantinya digunakan untuk memutar turbin sehingga menghasilkan tenaga listrik. Biasanya yang paling banyak digunakan adalah desain parabola cekung. Randangan parabola ini dibuat untuk menangkap dan memfokuskan berkas cahaya ke satu titik, maka tidak heran jika pada titik fokus tersebut dipasang sebuah pipa hitam yang panjangnya sama seperti cermin. Di dalam pipa tersebut terdapat fluida yang dipanaskan hingga suhu yang sangat tinggi. Fluida yang panas tersebut dialirkan melalui pipa menuju ruang pembangkit listrik untuk memanaskan air hingga menghasilkan uap yang akan menjadi energi listrik.

2. Pembangkit surya fotovoltaik

Pembangkit yang satu ini menggunakan sel surya atau yang sering kita sebut dengan solar cell untuk mengkonversi radiasi cahaya hingga menjadi energi listrik secara langsung. Bisa dibilang pembangkit yang satu ini memiliki cara kerja yang sederhana dibandingkan pembangkit listrik yang sebelumnya. Yaitu dengan sejumlah panel yang dipasang hingga membentuk sebuah array. Masing-masing dari panel tersebut berfungsi mengumpulkan energi cahaya matahari dan mengorvensikannya menjadi energi listrik secara langsung yang kemudian dialirkan ke jaringan listrik.

Itulah beberapa sistem kerja dari pembangkit listrik energi matahari. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk itu kunjunglilah website Sewatama di http://sewatama.com/id/. disana anda bisa menemukan alat pembangkit listrik tenaga surya yang sesuai bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.