Apa yang Dicari Oleh Venture Capital dalam Pendanaan?


Di era yang semakin maju ini, bisnis startup seakan menjadi bisnis yang paling banyak digemari oleh para generasi millennial yang menginginkan bisnis yang efektif tetapi bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Seperti yang telah kita ketahui, ada banyak startup yang bisa anda kembangkan seperti startup e-commerce yang cukup popular saat ini. Mengingat banyaknya orang yang semakin tertarik untuk berbelanja secara online.

Mengapa venture capital?

Ada banyak alasan mengapa anda harus menggunakan venture capital. Sebelum itu, apa pengertian dari venture capital itu sendiri? Jika anda yang baru pertama kali begelut dengan bisnis startup, tentu masih sedikit asing dengan venture capital bukan? Nah, venture capital ini sendiri merupakan sebuah perusahaan pendanaan yang akan memberikan dana dalam bentuk uang kepada pemilik startup.

Kehadiran venture capital ini dirasa sangat penting. Meningkat banyaknya perusahaan startup yang membutuhkan dana tambahan untuk mengembangkan startup mereka agar semakin terdepan. Tetapi untuk mendapatkan pendanaan tersebut tidaklah mudah karena dalam prakteknya, hanya ada beberapa karakter startup yang akan dipilih oleh venture capital.

Jika anda sudah bisa mendapatkan pendanaan dari venture capital ini maka dipercaya perusahaan anda akan mengalami pertumbuhan yang cukup pesat sehingga bisa menguasai pasar dengan luas. Jika anda merupakan pemilik startup pemula, kesempatan untuk mendapatkan dana tambahan tersebut cukup sulit terlebih lagi apabila anda tidak memiliki koneksi dengan para investor kaya.

Apa yang dicari oleh venture capital?

Ada beberapa pertimbangan yang diterapkan oleh para venture capital, jika anda belum mengetahuinya, berikut ini ulasan mengenai apa saja yang dicari oleh venture capital.

1. Profesionalism

Hal pertama yang bisa menjadi bahan pertimbangan oleh venture capital adalah dengan memilih orang-orang yang memiliki profesionalisme dalam perusahaan startup tersebut. Bisa dibilang mereka harus mengetahui bagaimana karakter yang dimiliki oleh sebuah perusahaan startup.

Jika ternyata mereka memiliki karakter yang kurang bagus maka akan menyulitkan perusahaan tersebut untuk mendapatkan pendanaan dari venture capital. Lain halnya apabila perusahaan berserta team startup memiliki management kerja yang bagus dan teratur maka kesempatan untuk mendapatkan pendanaan akan semakin mudah.

2. Produk yang dimiliki

Selain orang-orang yang professional didalam sebuah perusahaan startup, ada lagi pertimbangan lainnya yang bisa digunakan oleh venture capital agar tidak salah dalam menggelontorkan sejumlah dana. Ya, produk yang dimiliki oleh sebuah startup ternyata juga menjadi salah satu bahan pertimbangan.

Beberapa jenis perusahaan startup yang memiliki peluang cukup tinggi untuk mendapatkan pendanaan dari venture capital diantaranya adalah e-commerce dan perusahaan teknologi yang lainnya. Tak hanya itu, jika anda ingin terdaftar sebagai startup yang masuk kedalam penilaian maka anda juga harus memiliki pasar yang luas.

3. Masalah

Masih ada cara penilaian bagi venture capital untuk menemukan perusahaan startup yang professional yakni dengan melihat apakah startup tersebut mampu menyelesaikan masalahnya atau tidak. Jika sebuah team startup tidak mampu menyelesaikan setiap permasalahan maka hal ini tentu akan mempengaruhi bagaimana penilaian dari venture capital.

Bila anda dan tim startup anda memiliki kesulitan dalam menyelesaikan masalah maka perusahaan venture capital mungkin tidak akan memberikan pendanaan bagi anda. Bahkan yang lebih parah, anda akan selalu dihindari oleh venture capital yang lainnya. Tak hanya itu saja, diharapkan perusahaan startup tersebut juga memiliki potensi yang cukup bagus.

Itulah beberapa hal yang paling banyak dicari oleh sebuah perusahaan venture capital. Jika anda sudah memenuhi syarat diatas, maka sebaiknya segera cari perusahaan venture capital yang mau memberikan pendanaan seperti convergencevc.com.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.