Panduan dan Tips Tepat Cara Menanam Bunga Mawar


Bunga mawar merupakan bunga yang sangat diminati dan disukai banyak orang. Baunya yang harum dan bentuknya yang indah membuat bunga ini sangat diminati untuk dibudidayakan. Sayangnya, banyak orang yang mengaku bingung bagaimana cara menanam bunga mawar yang tepat agar bunga bisa tumbuh dan berbunga.

Untuk dapat merawat bunga mawar yang tepat sebenarnya tidak memerlukan cara perawatan yang sulit. Intinya adalah kamu harus rutin merawat tanaman bunga dan jangan membiarkan tanaman tanpa perawatan. Pasalnya, tanaman bunga mawar termasuk tanaman yang memerlukan perawatan agar dapat tumbuh dengan cantik.

Tips Dalam Menanam Bunga Mawar

Ada beberapa tips dalam menanam bunga mawar. Berikut ini adalah tipsnya.

1. Pilih bibit bunga mawar yang sesuai dengan iklim daerah

Beberapa mawar dapat tumbuh dengan baik di tempat yang sedikit dingin. Sebaliknya, ada beberapa mawar yang sulit untuk tumbuh di tempat terlalu dingin atau terlalu panas. Pastikan bahwa bibit yang kamu beli sesuai untuk ditanam di iklim daerah kamu.

2. Media tanam dipersiapkan

Tanaman bunga mawar akan cocok untuk hidup di atas tanah liat pasit yang memiliki kandungan liat sebanyak 20 sampai 30 persen. Pilih pula tanah yang gembur, subur, mengandung bahan organik, kemampuan drainase baik dan aerasi.

3. Pilih tempat penanaman

Ada beberapa media tanam yang sebenarnya bisa digunakan untuk menanam bunga mawar. Apalagi, bunga mawar termasuk bunga yang tidak membutuhkan model lahan yang khusus. kamu bisa memanfaatkan media tanam bunga mawar berupa pot/polybag ataupun lahan tanah langsung. Cara menanam mawar untuk kedua lahan ini akan sedikit berbeda. Jika kamu budidaya mawar untuk bisnis, maka lebih disarankan menggunakan tanah langsung yang luas.

Panduan Tepat Cara Menanam Bunga Mawar

Selain tips, kamu juga butuh panduan yang lebih detail. Berikut ini adalah panduan tepat cara menanam bunga mawar.

1. Mempersiapkan media tempat tanam yang digunakan

Ada dua macam media yang bisa digunakan dan tiap media punya caranya sendiri.

Menanam di lahan tanah
Jika kamu menanam mawar di lahan langsung, maka pilihlah lokasi tanah yang berada sedikit jauh dari sinar matahari atau setidaknya tidak terpapar sinar matahari secara terus-menerus. Pilihlah tanah yang subur dan cukup gembur agar bunga mawar segar.

Pastikan pula bahwa lahan yang akan digunakan sudah bersih dari hama pengganggu seperti rumput. Selanjutnya tanah dibajak dan didiamkan selama 15 hari. Kemudian setelah 15 hari, buatlah bedengan selebar 100-110 cm dengan tinggi sebesar 30 cm. Sementara jarak antar bedengan adalah 40 cm. Panjang bedengan sendiri bisa kamu sesuaikan dengan keinginan.

Kemudian buat lubang untuk menanam benih. Lubang usahakan menggunakan skop dengan ukuran lubang kira-kira 45 x 45 x 45 cm. Kedalaman lubang sendiri cukup 50 cm saja karena akar mawar memang tidak terlalu dalam.

Menanam di polybag atau pot
Jika kamu kekurangan lahan dan ingin menggunakan pot, kamu bisa menggunakan pot yang dibuat dari material tembikar, semen cor hingga tanah liat. Pastikan terdapat lubang di bagian bawah pot atau polybag untuk aliran udara dan air yang disiramkan dari atas. Selanjutnya isi media tanam berupa pupuk kkamung, tanah dan pasir.

2. Tips Pemupukan untuk Kedua Jenis Media Tanam

Dalam hal pemupukan pun, tiap media beda-beda caranya.

Pemupukan di lahan tanah
Media tanam langsung di tanah perlu dilakukan pemupukan karena sebelumnya belum diberi pupuk. kamu bisa memilih jenis pupuk dari jenis pupuk TW plus dan pupuk kkamung. Untuk penggunaan pupuk kkamung, kamu bisa menggunakan pupuk sebanyak 30 ton/hektarnya. Sementara penggunaan pupuk TW plus cukup sebanyak 5 ton/hektar saja. Pupuk ditaburkan dengan rata di sekitar bedengan.

Pemupukan di dalam pot
kamu bisa menambahkan pecahan keramik maupun kaca di bagian paling bawah pot. Tujuan pemberian pecahan kaca ini agar air yang disiramkan tidak langsung keluar dari pot.

3. Cara Penyiraman Bunga Mawar

Untuk menyiram bunga mawar yang tepat adalah bunga harus disiram setidaknya 1 sampai 2 kali sehari, pagi dan sore. Intensitas ini dilakukan ketika awal penanaman. Namun, ketika bunga mawar sudah besar dan berumur beberapa bulan, kamu bisa mengurangi jumlah penyiraman.

4. Fase saat bunga mawar berbunga

Fase atau saat bunga mawar menghasilkan bunga sebenarnya cukup beragam. Faktor jenis bunga mawar yang ditanam akan mempengaruhi lama waktu berbunga. Umumnya, mawar sudah dapat berbunga pada usia 45 hari. kamu juga bisa memotong cabang bunga agar bunga tumbuh lagi selama 15 hari.

Selain menanam bibit bunga langsung di lahan maupun media pot yang ditujukan sebagai media tanam, kamu juga bisa menanam bunga mawar menggunakan bibit bunga mawar cabutan. Cara menanam bunga mawar dengan bibit cabutan yakni kamu harus mempersiapkan bibit tersebut terlebih dahulu di kebun pembibitan. Pastikan ketika memindahkan bibit mawar dicabut bersamaan dengan akar bunga. Selanjutnya kamu bisa menanam bibit cabutan tersebut dengan merendam bibit bunga di dalam dekamon 1 sampai 2 cc selama 20 menit terlebih dahulu.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.