Selain Morning Sickness, Berikut Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Memahami gejala wanita hamil, tanda wanita hamil sejak dini sangatlah perlu. Hal tersebut agar Anda bisa mempersiapkan perawatan terbaik selama masa kehamilan sehingga janin yang Anda kandung selalu sehat. Terlambat haid bukanlah satu-satunya tanda dan gejala penanda kehamilan. Namun, masih banyak tanda dan gejala lainnya. Berikut beberapa tanda dan gejala awal kehamilan yang perlu Anda ketahui.

Tanda dan Gejala pada Awal Kehamilan

Berikut beberapa tanda dan gejala yang patut Anda ketahui sebagai penanda kehamilan. 

1. Terlambat haid

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang terlambat haid mulai dari stres, pola makan kurang sehat, atau kelelahan. Namun, terlambat haid juga menjadi salah satu tanda bahwa seseorang sedang hamil. Seperti diketahui, siklus normal haid biasanya berlangsung selama 24-38 hari. Apabila haid Anda terlambat hingga seminggu kemungkinan besar Anda telah hamil.

2. Mual dan muntah di pagi dan malam

Mual dan muntah di pagi dan malam hari juga bisa menjadi salah satu tanda dan gejala awal kehamilan. Tanda dan gejala ini akan berlangsung selama trimester pertama pada masa kehamilan. Namun, perasaan mual dan muntah tersebut sering terjadi di pagi hari sehingga sering disebut dengan istilah morning sickness.

3. Sembelit

Tanda dan gejala selanjutnya, seseorang yang hamil muda akan mudah terkena sembelit. Hal tersebut terjadi karena peningkatan hormon progesteron yang sangat tinggi. Peningkatan hormon tersebut menyebabkan kontraksi pada otot perut sehingga menghambat kinerja peristaltik usus. Akibatnya kinerja peristaltik usus menurun, dan menyebabkan feses dalam usus sudah terdorong sehingga terjadi sembelit. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut Anda harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan kaya akan serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Anda juga bisa mencoba cara mengatasi sembelit pada ibu hamil dengan suplemen. Suplemen tersebut bisa Anda dapatkan di https://sayurbuah-praktis.com.

4. Timbul rasa lapar secara terus-menerus

Pada awal kehamilan biasanya muncul rasa lapar yang terus-menerus atau keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu. Biasanya masyarakat menyebut kondisi tersebut dengan istilah ngidam. Jika Anda mengidam, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan yang sehat, masak tanpa vetsin, dan menghindari makanan cepat saji. Karena makanan cepat saji mengandung banyak pengawet, tinggi natrium, dan gula yang dapat memicu penyakit hipertensi dan diabetes gestasional.

5. Mudah lelah dan letih

Mudah lelah dan letih juga merupakan tanda dan gejala pada awal kehamilan. Kondisi tersebut disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang signifikan. Seperti diketahui hormon ini berfungsi sebagai hormon depresan bagi sistem saraf pusat tubuh sehingga menyebabkan kantuk. Selain itu, pada trimester pertama kehamilan, tubuh akan membagi nutrisi yang Anda konsumsi dengan janin. Kondisi tersebut, akan membuat Anda mudah lelah dan letih. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga kebutuhan nutrisi dan serat tubuh agar selalu terpenuhi.

6. Kram perut

Kram perut dengan durasi 6 hingga 12 hari juga merupakan tanda dan gejala pada awal masa kehamilan.

7. Frekuensi buang air kecil meningkat

Pada awal kehamilan, ibu hamil akan sering buang air kecil, khususnya pada malam hari. Hal tersebut terjadi karena peningkatan hormon progesteron dan jumlah cairan tubuh.

8. Indra penciuman sensitif

Tanda dan gejala seseorang mengalami kehamilan, biasanya indra penciumannya sensitif terhadap bau. 

9. Rambut rontok

Meski kemungkinan jarang terjadi, rambut rontok juga menjadi salah satu tanda gejala kehamilan. Meningkatnya hormon progesteron menyebabkan rambut mudah kering dan rontok.

Jika Anda mengalami tanda-tanda seperti di atas, maka dipastikan Anda hamil.

Komentar