Jumat, 17 April 2015

Tips Membeli Cloth Diaper

Cover Clodi QQ Baby
Sepertinya udah beberapa hari ini ngomongin cloth diaper (clodi) mulu yah. Sebenernya pengen nulis tentang clodi udah lama. Cuma entrinya saya draf akhirnya lupa dan baru inget kemarin-kemarin saat gak ada bahan buat nulis. Ternyata nemu satu entri yang udah siap publish tapi masih ngetem di draf. Lumayanlah buat update blog Juvmom, hehe.

Berhubung bentar lagi Aisyah bakal punya adek. Saya memang harus mulai nyicil beli clodi lagi. Karena Aisyah masih belum bisa pup dan pipis sendiri. Jadi kalau clodi yang ada dipakai untuk dua bayi bakalan kurang banget. Apalagi bayi baru lahir bakal lebih banyak pipisnya. Seenggaknya butuh tambahan enam atau empat clodi. Semoga aja sih sebelum adeknya lahir Aisyah udah bisa pipis dan pup sendiri.

Saya sendiri hanya sekali belanja clodi secara online. Itu pun bukan toko clodi. Tapi toko buku, seperti yang pernah saya ceritakan di entri sebelumnya. Dan kedua kalinya beli clodi belinya ditemennya ibu. Jadi saya belum punya langganan beli clodi yang murah. Pernah cari-cari toko clodi tapi kok masih belum sreg aja buat beli di sana.

Belanja Clodi Di Shopious

Karena sekarang sudah mulai terdesak harus beli jadilah saya buka-buka marketplace yang kira-kira bisa saya percaya. Pernah dengar Shopious? Di Shopious kamu bakal nemu banyak toko online yang bisa jadi langganan kamu. Harga clodi di sini juga bervariasi. Dari yang murah sampai yang mahal. Biasanya yang murah itu clodi lokal dan yang buatan Cina. Tapi kualitasnya juga oke kok dibanding dengan clodi yang harganya mahal.

Hasil Pencarian "Clodi" Di Shopious
Cara belanja clodi di Shopious juga gampang. Tinggal masukan kata kunci "Clodi". Lalu akan muncul pilihan toko online yang menjual clodi. Kita tinggal cari-cari yang cocok. Setelah itu hubungi penjualnya. Mudahkan cara belinya. Di Shopius kamu juga bisa cari pernak-pernik clodi, seperti innernya. Harganya bervariasi tergantung merek innernya.

Mempertimbangkan Model Clodi Sesuai Usia

Clodi yang aku cari sekarang lebih ke model yang celana. Karena Aisyah sudah mulai besar jadi sebentar lagi clodi model popok ini bakal gak muat. Clodi yang popok ini buat adeknya aja, Aisyah kasih yang baru, hehe. Kasian banget adeknya dapet bekas semua, haha. Kalau clodi model celana biasanya harganya lebih mahal dari yang model popok.

Tapi mungkin saya bakalan beli beberapa inner juga. Karena yang susah kering itu innernya. Sedangkan covernya lebih cepat kering. Bagi bayi baru lahir pasti pipisnya banyak jadi saya harus siap ekstra inner. Karena innernya ini dipake berdua juga sama Aisyah.

Inner QQ Baby, Clubebe Dan Sobi
Memilih clodi untuk bayi baru lahir menurut saya lebih baik yang menggunakan perekat atau velcro. Karena ukuran pinggang bayi baru lahir sangat kecil jadi sulit untuk ngepasinnya kalau pakai yang snap. Tapi untuk Aisyah clodi yang menggunakan velcro atau perekat kadang lebih mudah dilepas sendiri. Kadang tiba-tiba udah copot aja clodinya. Makanya kalau pake clodi harus dipakein celana juga.

Clodi Clubebe Dengan Perekat atau Velcro

Berapa Jumlah Clodi yang Dibutuhkan?

Ini juga yang jadi pertanyaan saat pertama kali memutuskan menggunakan clodi untuk anak. Berapa jumlah yang pas. Saya pernah diberitahu kalau punya enam clodi sudah cukup untuk satu anak. Tapi saya sendiri hanya punya lima clodi. Dan semuanya masih baik-baik saja #halah. Semua itu tergantung disiplin atau gaknya mencuci. Punya lima saja saya masih merasa santai. Mungkin kalau punya lebih banyak bakal lebih santau lagi. Atau malah jadi males nyuci karena dipikirnya masih banyak clodi yang bersih, haha.

Tapi karena sekarang bakal punya dua bayi yang pake clodi bersamaan tentu aja lima gak bakal cukup. Seenggaknya punya lima atau enam lagi. Jadi jumlah clodi itu gak ada patokannya harus berapa. Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Kalau memang merasa punya sedikit aja cukup ya gak masalah. Tapi kalau lama kelamaan merasa kerepotan harus nyuci clodi sehari dua kali mungkin bisa ditambah lagi supaya sehari nyuci sekali aja. Tapi saya bukan tipe orang yang suka numpuk cucian kotor. Seenggaknya maximal kalau udah ada dua clodi kotor harus saya cuci.

Semoga aja tips ini bermanfaat bagi para mom yang ingin move on dari popok sekali pakai. Memang sih pakai clodi ribet nyucinya. Tapi anak kita gak menyumbang limbah popok sekali pakai. Lingkungan pun akan lebih terjaga.

6 komentar:

  1. Wah, di syopi juga ada clodi ya? Lengkap juga. :D

    BalasHapus
  2. alhamdulillah udah lewat saya masa2 anak pkae diaper mba, sempat pake clodi juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah merdeka ya mba, gak nyuci2 popok lg :D

      Hapus
  3. iya clodi celana itu enak..kalo model popok...bisadilepas2 sekarang xD
    nti ah coba liat disana ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sebel kalau tiba2 dilepas :D

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law