Minggu, 12 Juli 2015

Resep Bali Ikan Tuna

Setelah menikah dengan suami yang asalnya dari Jawa Timur memang membuat saya jadi lebih sering makan makanan khas jawa timuran. Dulu saya lebih akrab dengan kuliner Jawa Barat dan Jawa Tengah. Suami saya yang keturunan Madura memang senang sekali dengan makanan yang ada petisnya. Sedangkan saya yang gak familiar dengan petis gak begitu suka. Kecuali kalau mertua saya masak krengsengan, meski ada petisnya saya masih doyan. Kalau makanan lain masih belum bisa terima kalau dibubuhi petis.

Ibu saya dan mertua juga kadang suka tukeran resep. Ibu saya gak begitu bisa masak rawon, sedangkan mertua saya jago bikin rawon karena memang sudah biasa. Sebaliknya mertua saya gak bisa bikin soto betawi tapi ibu saya jago banget. Maklumlah namanya juga beda kebiasaan. Beberapa hari di bulan puasa ini ibu saya sepertinya sedang bosan dengan masakan yang sudah sering dimasak. Pengen nyoba bikin sambal bali. Ibu saya sering lihat warung jawa timuran jual menu ini, sepertinya enak. Langsung deh saya tanya mertua apa bumbunya. Ternyata gak ribet, bumbunya simpel tapi rasanya enak.

Resep Bali Ikan Tuna

Bali ini bukan bali nama tempat loh yah. Tapi makanan jawa timuran yang rasanya pedas. Biasanya bali ini disajikan dengan nasi pecel tapi enak juga kok kalau dimakan balinya saja. Bali ini bisa divariasikan dengan banyak bahan makanan. Tapi berhubung saat itu di rumah banyak ikan jadi bikin bali ikan tuna.

Bali Ikan Tuna

Bahan Bali Ikan Tuna

250 gram ikan tuna
4 siung bawang merah
2 siung bwang putih
5 buah cabai merah
2 buah cabai rawit
2 cm jahe
2 cm kencur
1/2 sendok teh pala
1/2 sendok teh merica
garam secukupnya

Cara Membuat Bali Ikan Tuna

1. Haluskan semua bahan kecuali ikan tuna, giling hingga halus, sisihkan.
2. Goreng ikan tuan hingga garing, sisihkan.
3. Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah halus hingga harum, masukan ikan tuna yang sudah digoreng. Tambahkan sedikit air.
4. Masak hingga bumbu meresap.
5. Sajikan.

14 komentar:

  1. aku suka bumbunya nih

    BalasHapus
  2. Ikan tuna di sini carinya di mana ya? Pelosok jee..

    BalasHapus
  3. Kirain asalnya emang dr Bali :)

    BalasHapus
  4. kok sehati ya?
    beberapa hari lalu, saya masak Tuna hot spicy...tuna pedas maksudnya.

    BalasHapus
  5. mau nyoba akh...secara paling bingung kalau maska ikan, seringnya di goreng

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ibuku juga dulu klo msk ikan bingung diapain

      Hapus
  6. tfs bu..biasanya masak tuna cuman dibalado ajah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagi resep baladonya dong, hehe

      Hapus
  7. nyumnyumnyum enyak enyak....jadi ngiler nih mba hehe...

    BalasHapus
  8. Pake pala ya, En? Berarti agak pedes ya.

    BalasHapus
  9. Ini masakan jawa timur. Saya sering bikin. Ikannya bs macam2, maklum orang pesisir...xixixi... salam

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law