Kamis, 20 Agustus 2015

4 Perlengkapan Menyusui

Setelah sukses dalam persalinan kedua kali ini masih harus dihadapkan tantangan menyusui. Meski sebelumnya sudah pernah menyusui tetap saja saya takut, hehe. Soalnya menyusui itu lumayan sakit. Meski posisi menyusui udah benar puting tetap lecet. Saya juga heran kenapa. Tapi seenggaknya anak kedua kami kali ini gak disambung sufor sama sekali meski saya macet-macet nyusuin diawal. Gak seperti saat Aisyah yang masih minum sufor beberapa hari. Kali ini saya memang sengaja ingin mencoba ASIP. Apalagi ada pompa ASI yang nganggur. Sayang banget gak dipake, mana belinya mahal, haha.

Perlengkapan Menyusui

Menyusui memang butuh perjuangan yang cukup berat. Gak hanya itu perlengkapan menyusui juga harus lengkap. Tanpa perlengkapan menyusui, kegiatan menyusui bisa kurang lancar. Dulu saya pikir menyusui ya tinggal menyusui aja,gak perlu ribet ini itu. Eh ternyata butuh beberapa perlengkapan supaya menyusui jadi lancar dan menyenangkan. Apalagi kegiatan menyusui biasanya berlangsung cukup lama. Terutama bayi baru lahir biasanya nyusunya lama.

1. Bra Menyusui

Salah satu hal yang harus dimiliki ibu menyusui adalah bra menyusui. Tanpa bra ini menyusui bakal jadi sulit. Bra menyusui memudahkan para ibu untuk memberikan ASI secara langsung. Saya pernah gak pakai bra menyusui rasanya gak enak banget. Gak praktis dan rasanya gak nyaman. Jumlah bra yang dibutuhkan saat menyusui kurang lebih setengah atau selusin. Kenapa sebanyak itu? Karena saat menyusui tubuh kita harus terjaga kebersihannya. Bra kalau bisa sering ganti. Kalau gak gitu kasian bayinya bisa kena jamur.

2. Celemek Menyusui

Saat berpergian bersama bayi yang masih menyusui memang celemek menyusui sangat dibutuhkan. Hal ini untuk menutupi aurat agar gak terlihat orang saat menyusui. Pasti para ibu malu dong kalau auratnya kelihatan. Apalagi bagian payudara memang area yang sangat penting. Jadi saat menyusui di tempat umum celemek menyusui sangat dibutuhkan. Banyak model celemek menyusui yang beredar. Tapi sejauh ini saya gak menggunakan celemek menyusui. Soalnya kerudung panjang saya sudah cukup jadi penutup aurat plus celemek menyusuin. Cukup masukan si kecil ke dalam kerudung sambil dikipas-kipas di dalam supaya gak pengap.

3. Bantal Menyusui

Untuk dapat menyusui dengan nyaman kita harus bisa menemukan posisi yang nyaman saat menyusui. Tanpa posisi yang nyaman kita gak bakal betah berlama-lama menyusui. Biasanya para ibu menggunakan bantal agar bayi mendapatkan posisi yang nyaman. Sayangnya mengganjal menggunakan bantal biasa kurang pas. Kita bisa mensiasatinya dengan bantal menyusui. Ada banyak model bantal menyusui. Tapi sejauh ini saya belum pernah pakai ini. Selain karena harga bantalnya agak mahal, saya merasa sudah bisa menemukan posisi yang nyaman untuk menyusui tanpa bantal. Tapi gak ada salahnya punya bantal menyusui agar lebih nyaman. Mungkin lain kali saya bakal beli bantal menyusuin supaya lebih nyaman saat menyusui.

4. Breastpad

Bagi ibu yang punya ASI berlimpah, breastpad atau sumpalan ASI memang dibutuhkan. Rasanya gak nyaman banget kalau ASI merembes ke baju. Bukan hanya baunya yang kurang enak saat kering, ASI biasanya bikin warna baju jadi jelek. Jadi sebaiknya memang punya breastpad untuk menghindari kebocoran ASI. Breastpad ini ada dua jenis. Breastpad yang sekali pakai dan breastpad yang bisa dicuci ulang. Saya lebih memilih breastpad yang bisa dicuci ulang. Selain mengurangi sampah, breastpad tipe ini lebih murah dikantong karena gak perlu beli terus. Apalagi saya lumayan sering ganti breastpad. Kebanyang deh kalau pakai yang sekali pakai. Saya pasti butuh banyak banget.

2 komentar:

  1. Baru tauu ada bantal menyusui, hihi.. Coba googling ah..

    BalasHapus
  2. perlengkapannya komplit mak..saya juga punya yang sama..plus musik selama menyusui supaya rileks :)

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law