Senin, 23 November 2015

Perkembangan Toilet Training Selama Sebulan

Gak kerasa toilet trainingnya Aisyah ini udah hampir sebulan. Memang yah, agak rempong kalau ngajarin anak toilet training. Beruntung deh emak-emak yang anak mudah diajakin toilet training. Aisyah sih memang tergolong susah susah gampang. Anak ini sebenarnya mengerti kalau pipis harus di kamar mandi. Cuma dia itu suka banget ngejailin orang tuanya.

Aisyah memang suka banget bikin sensasi di rumah. Kayaknya kalau emak bapaknya gak heboh dia gak seneng. Tapi kali ini saya sudah bisa lebih bersabar. Mungkin karena lagi gak hamil yah. Badan laagi fit, jadi meski ngepel sana sini gak cape.

Sudah Bisa Menahan Pipis

Kalau mau pipis disuruh buka celana malah langsung jongkok di mana aja. Nanti kalau dikejar mau ditangkep buat dibawa ke kamar mandi barulah dia lari ke kamar mandi. Gemesin banget deh Aisyah ini. Minggu pertama toilet training Aisyah belum pintar menahan pipis. Kalau mau pipis pasti udah basah duluan celananya. Udah gitu baru deh pas di kamar mandi dikeluarin semua pipisnya.

Tapi belakangan ini dia bisa menahan pipis cukup lama. Kadang kalau Aisyah kok lama gak pipis saya ambil inisiatif untuk mengajaknya ke kamar mandi dan pipis. Biasanya pipisnya banyak banget. Hal yang lucu juga dia ini kalau diajak pergi jarak dekat pasti gak pipis meski gak pake popok. Nanti kalau sudah sampai rumah biasanya langsung disuruh pipis.

Gak Pakai Popok Saat Tidur Siang

Biasanya kalau tidur siang Aisyah gak pakai popok. Ternyata cara ini cukup ampuh bikin dia gak pipis di kasur. Jadi kalau mau pipis kebangun tapi langsung nangis dan gak jelas maunya apa. Abinya udah hapal banget kalau Aisyah bangun terus nangis gitu langsung digendong ke kamar mandi dan pasti Aisyah pipis.

Meski kadang Aisyah marah kalau langsung dibawa ke kamar mandi soalnya masih ngantuk. Tapi tetap dipaksa aja biar terbiasa. Memang sih kasihan tapi mau sampai kapan pipis di kasur terus. Paling Aisyah pakai popok cuma kalau dari sore hingga tidur malam. Seperti biasa masalah di rumah saya ini kalau sore air mulai habis. Jadi Aisyah harus pakai popok demi ngirit air supaya emak dan bapaknya bisa wudhu.

Saya seneng banget Aisyah sudah mulai lancar toilet training. Meski Kadang dia memang suka jail pipis sembarangan. Semoga saja saat adiknya lahir sudah bisa mandiri pipis sendiri di kamar mandi.

7 komentar:

  1. Anakku dulu lumayan lama pas toilet training. Aisyah cepet juga 1 bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sebulan pun masih kacau kok :D

      Hapus
  2. ngajarin toilet trainin memang harus pelan-pelan, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, anak kecil jg butuh pembiasaan

      Hapus
  3. Hihihi.. gemesin yah. Kalau saya baru punya anak-anak kucing yang musti di Toilet Training juga nih Mbak, biar pipisnya gak ke mana-mana. :))

    BalasHapus
  4. Sebulan udah lancar berati cepet ya

    Anak saya dari 9bulan udah ndak mau pakai pempes tapi umur 2 tahun baru benar2 berhasil :)

    BalasHapus
  5. ow begitu caranya, bisa deh nanti di buat anak saya
    thx ya Mbak

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law