Rabu, 15 Juli 2015

Review Cloth Diaper : Bebibum Clodi Lokal

Saya sepertinya memang sudah sering banget yah nyebut-nyebut clodi di blog ini. Tapi ternyata belum ada satu pun clodi yang saya review di blog, hehe. Cuma mereview clodi secara umum gak spesifik mereknya. Beberapa hari yang lalu saya memang mulai merencanakan membeli cloth diaper untuk menambah pasokan clodi. Karena sebentar lagi adiknya Aisyah bakalan lahir. Jadi gak cukup punya lima clodi.

Ternyata memutuskan untuk beli clodi itu gak segampang yang saya kira. Karena banyak banget review clodi diluar sana. Pilihan saya jatuh kepada clodi lokal Bebibum. Awalnya saya ragu mau beli ini. Soalnya clodi ini pakai sistem cover di mana saya gak pernah pakai clodi model gini. Tapi kata yang jualan clodi ini bagus jadi saya memutuskan beli clodi Bebibum.

Review Cloth Diaper : Bebibum Clodi Lokal

Clodi Bebibum ini tadinya saya kira buatan impor. Ternyata setelah baca-baca Bebibum buatan Indonesia. Packing Bebibum simpel aja, maklumlah dengan harga yang terjangkau jangan ngarep packing yang wah. Toh juga gak masalah sih yang penting kualitasnya. Berikut adalah review clodi Bebibum.

Cover Clodi Bebibum

Harga Cloth Diaper Bebibum

Bebibum ini adalah clodi buatan Indonesia. Jadi hargnya memang lebih murah dibandingkan clodi impor. Meski harganya murah bukan berarti punya kualitas buruk. Kalau dibandingkan merek Cluebebe yang sama-sama clodi lokal, saya bisa bilang Bebibum lebih bagus. Kalau beli satu paket clodi Bebibum yang warna solid harganya Rp 64.000 dengan satu insert microfiber. Sedangkan untuk Bebibum yang motif harganya Rp 78.000 dengan satu insert juga. Kalau mau nambah insert, satu insertnya dihargai Rp 37.000. Saya lebih memilih untuk beli yang warna solid aja. Soalnya harganya lebih murah. Toh juga bakalan dipakein celana jadi gak keliatan motifnya.

Kualitas Cover Bebibum

Dengan harga yang terjangkau ini Bebibum punya kualitas yang bagus. Clodi dengan sistem cover ini punya lapisan anti air yang tebal. Setelah tiga kali saya pakai belum pernah bocor. Cocok banget untuk pemakaian malam hari. Sayangnya sistemnya cover dimana gak terdapat inner dalam covernya. Jadi harus nambah pake fleece liner biar kulit bayi gak lembab.

Rempongnya juga Bebibum ini perekatnya menggunakan velcro. Itu loh kalau kata orang krek-krekan #halah. Soalnya kalau pakai velcro gampang dicopot sama Aisyah. Kalau masih bayi sih gak masalah. Bebibum ini didesain untuk bayi dari berat 4,5 kg sampai 18 kg. Jadi lumayan awet lah bisa dipakai sampai anaknya agak besar. Sisanya saya suka banget dengan kualitas cover Bebibum ini.

Kualitas Insert Bebibum

Berhubung saya beli Bebibum hanya covernya saja, saya gak bisa bilang banyak tentang insertnya. Insert Bebibum terbuat dari bahan microfiber terry berlapis tiga dengan ukuran 13cm x 35cm. Daya tampungnya sekitar 200 cc. Kalau menurut saya sih dengan daya tampung segitu termasih insert yang lumayan bagus. Tapi buat saya gak masalah dengan insertnya. Soalnya saya punya banyak insert jadi gak pake insert bawaan dari Bebibum pake yang lain aja, hehe.

32 komentar:

  1. Duh, samaan beli clodi belum pernah review juga *digetok
    Btw belum pernah beli yang bebibum nih mbak, kualitasnya bagus juga ya :)
    Aq follow blognya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, iya mba, kadang emang rada males mw reviewnya. Ayo mba review juga clodinya. Lumayan loh buat referensi para ibu yang lagi galau nyari clodi kayak aku :D

      Hapus
  2. mbak di sini kan juga ada jual clodi, tapi ada tahapannya, trus satu tahapan cuma bisa dipake buat beberapa bulan aja, jadi sayang mau beli karna gak bisa dipake lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh, kug gitu yah, kalau biasanya clodi itu all size seenggaknya sampai BB anak kira-kira 18kgan. Tergantung merek.

      Hapus
  3. mahal di awal tapi sebetlnya jadi irit ya juga ramah lingungan

    BalasHapus
  4. aku pakai ini bebibum...dulu
    sekrang dah lulus TT

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak dong udah lulus. Aku habis gini nambah lagi yg pake clodi :D

      Hapus
  5. wah, wkt itu knp saya ga beli bebibum ya... pake cluebebe sama pempem sering bocor :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, Clubebe nyebelin sering bocor. Klo pempem aku belum pernah coba. Tapi Pempem sm Bebibum itu satu pabrik sih tp kok beda ya

      Hapus
  6. Hai bu enny, salam kenal, webnya bagus bu
    Saya jg pemakai bebibum mb,klo kualitas pul bebibum oke,tebel tahan banting tp mmg kurang lembut alias agak sdikit kaku tp g masalah. Yg masalah justru di ukuran velcro yg tlalu kecil/sempit jd mudah lepas sendiri tanpa diutak atik tgn si kcil yg aktif, snap adjust s m l jg sering lepas sndiri, karet double leg gussetnya gampang melar so rawan bocor, pakai insert mikronya bakal gampang bocor samping krn lebarnya lbh kcil dr ukuran covernya ada space kosong so urin g lgsg tserap keburu meluncur keluar lewat sela paha yg longgar, saya cuma pake bebibum dg prefold lbh cocok dg prefold krn covernya besar tp wajib pake legging spy posisinya fix krn gampang melorot. Kualitasnya g jauh beda sama pempem.

    Pakai cluebebe sy jg sering bocor atau selalu rembes di sela jahitan paha krn pul nya terlalu lentur efek "ngaret", g boleh dijemur panas mudah lonyot dan rawan kriting pulnya n rembes.

    Mampir2 keblog saya bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, selama pakai bebibum ini aku jadi agak rempong harus makein celana soalnya gampang lepas. satu-satunya yang aku suka dari bebibum karena gak bocor aja. Itu pun aku pake insert long bamboo dari ecobum. Kalau pake insert yang lain bisa bocor.

      Hapus
    2. Ya mba, insert ecobum yang bamboo, combo, dan hemp memang bagus

      Hapus
  7. Kelebihan cluebebe mnurut saya hanya di kualitaa velcronya yg bagus tp kualitas pul jelek makanya gampang delaminasi PULnya jd keriting dan rembes/bocor,apalagi label merknya diperut itu suka basah rembes krn lgsg kontak sama kompartemen didalam pocket jd klo insert basah maka basahannya akan diserap si label jd harus ati2 klo yg shalat utk mjaga ksucian dr najis,klo pempem kebalikannya kualitas PUL bagus meskipun agak kaku tp karet paha,snap dan velcronya jelek.

    Bener bu eni soal review yg bs mbantu ibu2 yg lg galau he. Saya jg udah mulai coba ngereview beberapa clodi siapa tau bs jd referensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kapok beli cluebebe. Aku cuma suka menspadnya Cluebebe. Kalau clodinya gak deh. Beruntung cuma beli satu :D

      Iya mba, soalny aku ngerasa kalau mau beli clodi cari referensi dulu biar gak salah pilih

      Hapus
    2. Cluebebe saya dlu semuanya (kurleb 6 pcs dlu beli banyak sekaligus pas ada diskonan di multiply krn tertarik sm motifnya) sukses keriting PUL nya dan rembes, printnya jg jd bladus dalam kurun waktu yg cukup singkat kurleb kurang dr 6 bulan dan diakalin dg didoble cover bebibum tapi kasian jg jd bulky akhirnya dipensiunkan. Pas pake cluebebe saya jg g pakai insertnya krn kualitas kurang bagus dan bentuknya kurang fit, ukuran tdk ssuai dg covernya jd selalu ngemix covernya dg insert bawaan merk lain, itupun g berani lbh dr 2 jam meskipun pake insert bamboo BB, combo BB atau hemp/ bamboo eugine krn langsung rembes dr sela jaitan di paha jd slalu dobel sm bebibum.

      ya mba, perlu bgt baca review sebelum membeli, khususnya review yg detail dan ilmiah dari orang2 yg dah bener2 pengalaman spy bener2 yakin he..

      Hapus
    3. banyak juga yah 6, kebayang klo aku udh nyesek deh :D

      Iya mba soalnya klo cuma lihat di official webnya aja kurang yakin.

      Hapus
    4. Ya ni mb pilih cluebebe jg sebenrnya krn udah sedikit banyak baca2 review dan kata ibu2 kualitas premium lokal, tp ternyata mengecewakan jd korban review yg kurang komplit deh, he..

      Selamat lahiran y mba, perjuangannya hebat, anugerah melahirkan normal dan bayi sehat selamat semua, baarokallohu laka fil mauhuubi laka wa sayakartal waahib wa balagho asyuddahu wa ruziqta birrohu, amin.

      Oia, punya newborn enak bgt mba pake UC ecobum dan prefoldnya ditambah snappy & liner, kualitasnya bgs spt cover2 brand US, model cover ecobum seperti capri dr blueberry tp ukuran pola cover ecobum lbh kecil dari capri & coverall dan one size sedangkan capri ada 2 size (1 size newborn dan 2 size diatas 5kg) jd cocok utk postur baby indo, jahitan dan potongan ecobum jg lebih rapi dan bagus drpd capri, mba.

      Kalo pake prefold dan snappy covernya awet mba, g perlu sering2 ganti meskipun bayi sering pup krn spt pake fitted diaper jd pupnya semua tertampung didalam prefold, covernya aman bs dipake lagi, bs jg dikombinasi sama flat diaper dr muslin atau kain tetra meteran, klo kena basahan dikit bs dilap tissu basah dan kering bagian dalamnya dan bs langsung dipake. Kalo pake insert nti covernya tetep bakalan sering ganti kalo baby masih sering pup krn biasanya meleber pupnya kena cover mengingat konsistensi pupnya newborn masih encer atau berupa pasta, begitu si mba pengalaman saya.

      Hapus
    5. Wa fikum Barakallah :)

      aku jadi pengen beli ecobum nih :D
      kalau pull up pantsnya udah pernah pake belum?
      anakku sekarang udah 1,5 tahun kayaknya pengen pake clodi yg tipe pants gitu.

      Hapus
    6. Sudah pakai jg mba, ecobum pull up pant insert combo untuk bobo malam sampai pagi g bocor walopun insert basah kuyup, he..

      Clodi ecobum bagus2 baik fitur dan bahannya,pulnya lebih tebal daripada clodi pabrikan cina umumnya (sobi,nvme,mikiwili),suedenya jg lbh bagus,snap lebih kuat dan tebal,insert2 dan prefoldnya jg top dlm artian daya serap dan tampungnya tinggi,kualitas bahannya jg tebal dan kokoh, mba udah punya yg bamboo 3folded dan combo kan?! blum lgkp mb klo blm coba covernya, coba dan bandingin sndiri deh drpd pnasaran kaya saya dlu,he

      Pull up pant ecobum jauh lebih bagus drpd mikiwili. Mikiwili innernya fleece tipis mirip fleece clodi pabrikan cina lainnya, ecobum pant inner suede,pul jg lbh tebel dan snap lbh kuat,insert mikiwili panjang 3 folded 2 lapis,mikro:hemp=1:2 tp lebar kecil g sebanding dg lebar pocketnya risiko bocor,hempnya mirip tp lebih mantab ecobum dr ketebalan dan ukurannya,cover mikiwili standar tanpa ekstra gusset,klo ecobum pant ada double leg gusset so bner2 pas dipaha jd bener2 protektif cegah bocor,sama2 slim tp sy lbh suka ecobum krn lbh byk nilai plusnya apalagi soal harga mikiwli kemahalan mnurut saya,kecewa liat barangnya klo dg harga segitu ekspektasi ketinggian alias knyataan tdk sesuai dg bayangan,huft...

      Klo kira2 dah siap smua utk tatur mending pke uc prefold mix sama training pantnya ecobum, mirip training pant impor krn berPUL jd g kan ada insiden pipis ngucur kelantai.

      UC enak buat diapers dan trainer pas tatur,jd buat newborn bs dipake sama snappy n liner sbg diaper fold,buat kakaknya sbg soaker pad bs pake liner sbg diapers atau tanpa liner klo mau dpake sbg trainer, bs buat bobo malam krn daya tampung lbh dahsyat dr hemp he..

      Prefold ecobum beda sama bumwear dan clipopo mb,klo clipopo jelek,prefold abal2 mnurut sy,disebut prefold tp g sprti prefold import umumnya. Klo bumwear tlalu besar,tipis,kurang lembut dan tidak fluffy.

      Klo prefold ecobum mirip import usa kaya prefold cotton simply punya bumgenius, ukurannya lbh bsar dikit dr size infantnya simply jd pas bgtlah g kbesaran n g kkecilan.

      Hapus
    7. Wah, jadi kepengen beli ecobum nih. Tapi masih ngumpul2in duitnya :D
      Ecobum gak bisa belum covernya aja sih. Klo bisa aku udah beli, hehe. Soalnya insert di rumah banyak. Aku kekurangan covernya.

      Hapus
    8. Owh gitu ya mba, sudah tanya2 resellernya ya mba? ga coba tanya2 yang lain mba?

      Hapus
  8. Saya jg suka clodi ecobum,bu.. khususnya yg insert bamboo dan hemp, daya serap dan tampung tinggi, kualitas bahan jg bagus, kokoh dan mantab.

    Covernya jg fit dipakai dan praktis nyucinya, apalagi yg universal cover dg prefold, simple,praktis,daya tampung byk,cpt kring dan ga perlu stripping, skrg malah jd lbh seneng pake uc dan prefold ecobum termasuk buat tidur, tp sy belum sempat buat reviewnya, nanti kalo longgar sy coba review.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba bikin reviewnya. Aku pengen tahu covernya ecobum. Belum pernah beli sepaket. Cuma beli insertnya doang yang combo hemp dan long bamboo

      Hapus
    2. Enakan manggil mba eni aja kali ya spy akrab, ya mba jd semangat ni, insya allah saya buat reviewnya ya.

      Hapus
    3. Mba, blognya saya follow ya..

      Hapus
    4. Aku manggilnya mba siapa nih?

      aku juga follow blognya mba yah, hehe

      Hapus
    5. Ya mba, makasi, panggil aja aku umma mba, hehe..

      Hapus
  9. mampir ya mba sudah sy buat review clodinya http://tips-ummi.blogspot.com/2015/08/review-clodi-ecobum-cover.html

    BalasHapus
  10. Aslm bunda. Membaca review dr bunda umma jd semangat beli ecobum pant 3 sama snap 3 insert combo n bamboo n hemp
    Tp stlh cb pakai yg pans kok sering rembes di bagian doble leg gusset knp ya bun.. mohon infonya dong saya newbiee dalam dunia clodi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa karena masang insertnya kurang pas. Atau memang anaknya aktif jd geser

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law